Sabtu, September 06, 2008

tU9aZZZZ

1.jelaskan perbedaan sistem operasi dengan sitem operasi aplikasi
Operating system atau OS dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan nama sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perngkat keras serta opersi-opersi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolahan kata dan web browser, sedangkan Sistem Aplikasi yaitu sistem siap pakai, suatu sistem yg dibuat untuk melaksankan suatu fungsi bagi pengguna atau aplkasi yang lain. Contohnya porgram pemproses kata dan browser. Aplikasi akn menggunakan Sitem Operasi komputer dan aplikasi yg lainya yg mendukung
2. apa yang dimaksud dengan sistem operasi "open source"?
open berarti 'buka/terbuka'
Source berArti sUmber,jadi opensource berarti sumber yang terbuka.
opensource adalah software ataupun bahasa pemrograman yang tidak berlisensi,tersedia dgn bebas/gratis,boleH digunakan oleh siapa Z disertai kode-kode program yang dapat dibuka dan dipeLjari alur kerjanya,sehingga diperbolehkan untuk bebas diubah dan dikembangkan guna memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi.
TujuAnNya untuk meLakukan penelitian yang tDk menutup kemungkinan buah karyanya kemudian dilisensikan.Kehadiran opensource bnYk membantu,terutama bagi mereka yg keberatan untuk membeli mahalnya program-program yang berlisensi.

3. GPL(General public linsense)??

General public linsense merupakan lisense yang bnyak digunakan oleh perangkat lunak dari free software foundation dan proyek GNU serta penulis program untuk mereka yang menggunakannya.
General public linsense merupakan sebuah kumpulan ketentuan pendistribuan tertentu untuk meng copyleft-kan sebuah program, proyek GNU menggunakanya sebagai perjanjian distribusi untuk sebagian perangkat lunak GNU.

4. Beberapa Macam Linux,,
- Ubuntu - Knoppix - PCLinuxOS - Pedora Core - Mint - Debian - RedHat - SUSE - Blankon - Simply Mepis - Mandrake.

5.Mengenal Linux Ubuntu :

Linux adalah salah satu sistem operasi yang menyita banyak perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda dari mana asalnya Linux itu sendiri ???

Yaitu seorang mahasiswa berkebangsaan Filandia yang merupakan orang pertama yang menemukannya. Linus Torvalds, demikianlah nama penemunya. Tak heran jika Linux dipakai menjadi nama operating system seperti nama penemunya. Agustus 1991, Linus mengerjakan versi 0.01. Dan pada tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 5 October 1991, secara resmi meluncurkan versi 0.02.

Sejarah Linux Ubuntu

Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.

Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical, Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan, distribusi, dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka). Perusahaan ini bermarkas di Eropa dan dipimpin oleh seseorang bernama Mark Shuttleworth.

Sejak pertama kali diluncurkan, Ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna Linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliki oleh Ubuntu itu sendiri. Selain itu kenyamanan dan kemudahan yang dimiliki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux di seluruh belahan dunia.

Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar adalah sebagai berikut :
1) Versi 4.10 (Warty Warthdog).
2) Versi 5.04 (Hoary Hedgedog).
3) Versi 5.10 (Breezy Badger).
4) Versi 6.06 (Drapper Drake).
5) Versi 6.10 (Edgy Eft).
6) Versi 7.04 (Feisty Fawn).
7) Versi 7.10 (Gutsy Gibbson)
6.Lan9kah-Langkah Instalasi Ubuntu linuX
Proses instalasi ubuntu, tidaklah berbeda dengan cara instalasi sistem operasi pada umumnya, butuh CD instaler untuk memulai melakukan pemasangan sistem operasi pada komputer. Tetapi sebelumnya pastikan mengenal dulu perangkat keras komputer kamu, cocokan dengan spesifikasi permintaan dari program yang akan diinstalkan, jangan sampai terjadi kesalahan instal karena perangkat tidak cocok atau kurang memenuhi syarat. Selanjutnya, anda tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi berikut ini:

1.Pastikan CD Instaler Ubuntu telah tersedia.pilih jenis instalasi yang sesuai dengan perangkat prosesor komputer kita, tersedia untuk tipe Intel dan AMD. Selanjutnya burning file instaler tersebut ke CD.
2.Masukan CD Instaler Ubuntu kedalam CD/DVD-ROM, pastikan seting first bootnya di BIOS mengarah ke media CD-ROM, lakukan booting.
3.Biarkan komputer load booting ke CD
4.Tunggu sampai komputer menampilkan Live CD Ubuntu dan siap untuk instalasi, seperti pada gambar berikut:
5.Double klik pada icon Install, maka proses instalasi dimulai.
6.Langkah pertama adalah memilih bahasa pada saat proses instalasi
7.menentukan lokasi dan zona waktu pengguna
8.Menentukan format input keyboard
9.Memilih dan menentukan pembagian ruang harddisk, pada langkah ini pastikan kamu benar-benar mengerti, ikuti pilihan yang ubuntu tawarkan pertama kali, jika kamu ragu. Selanjutnya kamu bisa ubah ukuran secara manual kalau kamu sudah benar-benar paham.
10.Isikan nama kamu, nama untuk log in, sandi, dan nama komputer pada tampilan konfirmasi sebagai berikut: 11.Pastikan identitas kamu sudah benar, selanjutkan klik tombol install maka proses copy file ke komputer kamu siap dijalankan 12.bersabarlah untuk menunggu sampai selesai proses copy filenya Yach.

13.Selesai, akhirnya proses instalasi ubuntu kamu selesai juga

14.Selanjutnya klik Restart now, biarkan komputer kamu booting ulang, jangan lupa ambil CD Installer dari CD/DVD ROM.
Desktop ubuntu yang cantik segera nonghol di monitor kamu.

7.cara mengubah repository lokal indonesia di ubuntu
ketikan secara bertahap code berikut pada terminal :
wget http://arsip.ubuntu-id.org/berkas/sources.list.kambing
sudo mv /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.original
sudo cp sources.list.kambing /etc/apt/sources.list
sudo apt-get update
ganti keseluruhan kode dengan kode repository local kitaatau dengan memberi tanda kres '#'semua awal baris. contoh (repository UI) kode tsb :deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy main restricted universe multiversedeb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy main restricted universe multiversedeb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy-updates main restricted universe multiversedeb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy-updates main restricted universe multiversedeb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy-security main restricted universe multiversedeb-src http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu gutsy-security main restricted universe multiverse{http://kambing.ui.edu}
8.Aplikasi untuk ubuntu
-Dia Diagram Editor ~Openoffice.org
-GIMP Image Editor ~Apache
-AutoScan Network ~PHP
9.Cara menginstall AMP (Apache,MySQL,PHP)di Ubuntu
Install Apache-PHP-MySQL di Linux Ubuntu
Mungkin kalian semua sudah tau dengan apa itu ubuntu. Ubuntu adalah Distro linux yang sekarang aku pake :P. Nah jika anda semua sudah beres dalam instalasi ubuntu mungkin kita berfikir kayaknya ada yang janggal kalau komputer kita kalau tidak mempunyai web server sendiri. Nah sekarang saya akan memberitau anda bagaimana langkah-langkah dalam instalasi webserver tersebut.

Nah langkah-langkah install web Apache, PHP dan server database MySQL langkah-langkahnya sebagai berikut:

Instalasi web server Apache
# apt-get install apache2

Instalasi database server MySQL
# apt-get install mysql-server

Instalasi php untuk web server Apache
# apt-get install php5

Instalasi MySQL untuk Apache
# apt-get install libapache-mod-acct-mysql
# apt-get install php5-mysql
Udah deh rebes Selamat mencoba ya teman-Teman...
10.Salah satu perbedaan antar ubuntu Linux dengan Microsoft windows
*Ubuntu sepenuhnya opensource dengan GPL sebagai lisensinya,bebas digunakan dan dikembangkan serta diperbanyak oleh siapapun,sedangkan windows sepenuhnya Proprietary artinya memiliki hak cipta dari sebuah perusahaan,usaha penyalinan adalah tindakan pembajakan yang melanggar hukum.

1 komentar: