Senin, September 08, 2008

tiPz menghIndari mata minus

Perubahaan ini akan mengakibatkan bayangan benda yang masuk ke mata tidak jatuh pada titik yang normal (bintik kuning) seperti pada orang normal. Ini yang disebut Myopiatau Minus yang sering dikatakan orang. Biasanya diperlukan bantuan kacamata yang berlensa cekung agar bayangan jatuh tepat dibintik kuning tadi. Selain kacamata sekarang bisa juga dengan bantuan memakai lensa kontak atau bisa juga diatasi dengan pengobatan sinar laser.Gangguan ini (minus) semakin cepat terjadi pada anak yang punya ortu berkacamata minus.

Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah :

  • Usahakan waktu didepan layar monitor tidak lebih dari satu jam.
  • Apabila dirasa masih kurang sebaiknya berhenti dulu sebentar, dilanjutkan dengan berdiri atau bisa juga ke ruangan lain untuk sekedar minum. Kemudian manfaatkan waktu dengan membuat mata supaya rileks dengan melihat benda-benda yang berada dikejauhan sambil mengedip-ngedipkan mata agar air mata keluar membasahi mata ( Air mata berfungsi sebagai pelumas ).
  • Caranya dengan memaksa mata melihat keatas selama 10 detik, kemudian kebawah 10 detik, kekanan 10 detik, kekiri 10 detik, diulang terus sampai kira2 10 menit, itu bisa membuat mata anda segar kembali. Serius..!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar